Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Ini adalah waktu yang mengasyikkan dalam sejarah. Di sini dan di seluruh dunia, orang-orang sudah mulai menerima vaksinasi COVID-19 pertama, menandakan dimulainya pandemi ini. Karena persediaan terbatas (dan perintah prioritas federal dan negara bagian), pekerja perawatan kesehatan garis depan berada di urutan pertama. Tapi sekarang, kelayakan telah meluas ke orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas, bersama dengan kelompok pekerja esensial yang lebih besar.

Departemen kesehatan sistem kesehatan dan lokasi vaksinasi lainnya bekerja keras untuk memenuhi permintaan yang tinggi selama peluncuran vaksin yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Sebelum divaksinasi, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai persiapan dan juga memperhatikan syarat vaksin covid 19  Itu selalu merupakan ide yang baik untuk membaca (dari sumber yang memiliki reputasi baik) tentang vaksin. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), dan sistem perawatan kesehatan, misalnya, adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan fakta.

Sedikit informasi latar belakang: Vaksin COVID-19 aman dan 95{9b1d23f976a91323f5313a5d84c625a4a211fcb8fcac70f37f6c67e2accb6269} efektif. Itu tidak mengandung virus hidup sehingga tidak dapat memberi Anda COVID-19. Sebaliknya, itu mengandung messenger RNA (mRNA) dari kode genetik protein lonjakan COVID-19. Tubuh kita membuat protein ini, yang kemudian mendorong sistem kekebalan kita untuk membuat protein antibodi pelindung, melindungi kita dari infeksi COVID-19. mRNA terdegradasi dengan cepat dan tidak pernah mendekati DNA manusia.

Makanlah sebelumnya dan tiba dengan istirahat yang cukup.

Malam sebelum janji temu Anda, pastikan untuk tidur nyenyak  ini akan membantu sistem kekebalan Anda bekerja secara maksimal. Jika janji temu Anda sekitar waktu makan, Anda juga harus makan sebelumnya dan minum air  jangan pergi ke janji temu Anda dalam keadaan lapar atau haus.

Bersiaplah untuk menjadwalkan pertemuan kedua Anda.

Kedua vaksin yang didistribusikan sekarang (Pfizer dan Moderna) membutuhkan dua suntikan, dengan jarak beberapa minggu. Menerima kedua vaksinasi selama jangka waktu ini penting untuk memastikan bahwa Anda menerima perlindungan penuh dari COVID-19. Selama pertemuan pertama Anda, Anda akan diminta untuk membuat janji untuk vaksinasi kedua Anda. Pastikan ini adalah waktu dan hari yang sesuai dengan jadwal Anda, karena penting untuk tidak membatalkannya.

Pantau efek samping Anda.

Setelah mendapatkan suntikan, Anda akan diminta menunggu selama 15 menit sebelum meninggalkan kantor dokter untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi alergi. (Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap vaksin sebelumnya, Anda akan diminta untuk menunggu selama 30 menit.) www.sehatq.com

Setelah itu, Anda bebas pergi. Anda mungkin mengalami efek samping seperti nyeri di tempat suntikan, nyeri tubuh, menggigil dan sakit kepala, tetapi akan hilang setelah 24 hingga 48 jam. Efek samping ini tidak berarti Anda mengalami infeksi  dan Anda tidak menular. Efek samping ini menunjukkan bahwa tubuh Anda menciptakan respons kekebalan dan vaksin itu bekerja. Anda dapat menggunakan asetaminofen (seperti Tylenol) untuk membantu meringankan gejala, tetapi jangan meminumnya sebelum vaksinasi untuk mencegah efek samping – ini dapat menumpulkan respons imun.

Simpan kartu catatan vaksin Anda.

Saat janji temu, Anda akan menerima kartu vaksinasi dengan nama Anda, tanggal vaksinasi dan jenis vaksin (baik Pfizer atau Moderna) tertulis di atasnya. Simpan kartu ini bersama Anda  atau lebih baik lagi, ambil fotonya  sehingga Anda tidak lupa kapan Anda divaksinasi dan jenis vaksin yang Anda terima. Anda harus menerima jenis vaksin yang sama untuk dosis kedua Anda seperti yang Anda lakukan untuk dosis pertama Anda, jadi harap bawa kartu ini ke pertemuan dosis kedua Anda.

Kartu ini mungkin juga penting di masa depan untuk diperlihatkan sebelum pergi ke tempat umum, seperti tempat kerja Anda atau sebelum naik pesawat.

Ikuti terus pedoman CDC untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Setelah vaksinasi pertama Anda, Anda masih rentan tertular COVID-19. Diperlukan waktu sekitar 2 minggu setelah vaksinasi kedua Anda untuk membangun kekebalan penuh. Tetapi bahkan setelah itu, saat ini penting untuk memakai masker wajah di depan umum, berlatih jarak sosial, dan sering mencuci tangan.